PPL Merupakan Ujung Tombak Kelompok Tani

Bupati Barito Selatan, Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. menyebutkan bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) merupakan ujung tombak kelompok tani dalam memajukan pertanian. Hal tersebut disampaikan beliau saat membuka pembekalan bagi PPL se-Barito Selatan, di aula kantor Pertanian, Senin, 17 Januari 2022 kemarin.

“PPL merupakan ujung tombak dalam memajukan pertanian di bumi berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” kata Bapak Bupati Barsel.

Beliau mengatakan, penyuluhan ini sebagai bagian integral pembangunan pertanian yang merupakan salah satu upaya pemberdayaan petani dan pelaku usaha pertanian untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan.

Pengembangan pembangunan pertanian dimasa mendatang perlu diperhatikan secara khusus terutama kepada para penyuluh pertanian. Karena mereka merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan pertanian suatu daerah.

“Saya berharap para PPL ini terus memberikan wawasan dan masukan agar pertanian di daerah kita bisa maju dan sukses,” ucap beliau.

Bapak Bupati berharap, melalui kegiatan penyuluhan ini, para petani juga petani ditingkatkan kemampuannya agar dapat mengelola dengan produktif, efisien dan menguntungkan. Sehingga, petani dan keluarga dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Karena meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya adalah tujuan utama dari pembangunan pertanian,” ungkap Bapak Bupati Barsel.

Beliau menambahkan, ada 3 tugas utama penyuluh pertanian yakni membantu petani untuk meningkatkan usahanya, membantu agar dapat memperbaiki kehidupan fisiknya dan membantu agar dapat mengembangkan kehidupan masyarakatnya.

“Saya berharap semoga pembekalan yang diberikan nantinya akan bermanfaat dan bisa diimplementasikan dengan sebaik-baiknya,” harap Bapak Bupati Barsel.

(sumber : borneonews-barsel/e:is)

Updated by: Iqbal Saimima | Tanggal: 21 Mei 2022 jam 15:26:00

Berita Lainnya