PORKAB Diikuti 6 Kecamatan dengan 11 CABOR Se – Kabupaten Barito Selatan Tahun 2022

Palangkanews.co.id/// Buntok – Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Barito Selatan, yang diikuti 6 (enam) Kecamatan se – Kabupatena Barito Selatan, dengan 11 (sebelas) Cabang Olahraga (CABOR). Karena ini merupakan PORKAB yang pertama kali, dan hasil dari kegiatan pelaksanaan PORKAB ini memang dipersiapkan supaya ikut serta mewakili Barito Selatan, pada Pekan Olahraga Provinsi, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kota Waringin Timur (Sampit), pada bulan Maret 2023 mendatang.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana, S. Sos, usai Pembukaan acara PORKAB. Lisda mengatakan, dirinya berharap mudah – mudahan pada pelaksanaan ini bisa menghasilkan Atletik – Atletik yang berprestasi, nantinya bisa membawa harum nama baik Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng) kedepannya yang lebih baik lagi. Karena saya berkeyakinan bahwa, Atletik – Atletik kita mampu melakukannya, apalagi saya melihat semangat dan tekat mereka.

“Walau pun hujan turun dari Langit membasahi mereka dan membuat mereka merasa dingin, tapi itu tidak mengurangi semangat mereka, karena tekat mereka ingin membawa harum nama baik Kabupaten Barito Selatan ini” , sambungnya.

“Begitu juga masyarakat pengunjung sangat antusiasnya hadir menyaksikan acara ini, walau pun curahan hujan membasahi mereka namun, mereka tetap semangat penuh dengan dukungannya demi nama baik Kabupaten Barsel yang kita cintai ini, ” kata Lisda kepada media ini Sabtu malam (19/11/2022) di Gedung Stadion Batuah Buntok.

Adapun tahapan – tahapan nantinya sebagaimana yang akan disampaikan oleh ketua KONI mulai dari CABOR – CABOR itu akan dilakukan Visi sebelum pelaksanaan kegiatan Overkloop untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, kemungkinan di bulan Maret Tahun 2023 mendatang.

Ditempat yang sama, Ida Riyani selaku ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kabupaten Barsel menambahkan, pada PORKAB kali ini karena ada syarat yang memang kami sarankan untuk bisa dipertandingkan, minimal diikuti 3 (tiga) Kecamatan baru boleh dipertandingkan. Ternyata dari seleksi ada sebelas CABOR yang memenuhi syarat, jadi diluar itu masih ada 14 (empat belas), dan yang empat belas nya itu akan diadakan seleksi langsung.

“Adapun 11 Cabor tersebut meliputi Bulutangkis, Pencak Silat, Atletik, Panahan, Billyard, Sepakbola, Volly, Tenis Meja, Futsal, dan Karate, serta Catur,” jelas Idariani, SE, Ketua KONI Barsel.

Ia menambahkan, melalui Porkab ini nantinya akan mampu menjaring bibit-bibit atletik potensial yang akan dibina lebih lanjut, sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) maupun event lain yang lebih tinggi.

“Perhelatan olahraga ini dilaksanakan selama 1 minggu mulai dari tanggal 19-26 November 2022 dilapangan sepakbola Batuah Buntok,” ujarnya.

Ia mengatakan, Porkab hendaknya tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan semata, namun harus menjadi wahana pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Karena Porkab merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional, dimana dari ajang tersebut diharapkan mampu melahirkan atletik – atletik berbakat dan berprestasi,” demikian tutup Idariani. Ketua KONI Barsel, dan juga dia Anggota DPRD Barsel, dari Fraksi Partai Demokrat.

Acara PORKAB itu dihadiri Kapolres Barsel, dan Dandim 1012 Buntok, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah (Setda) beserta seluruh Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Barito Selatan, dan Mamu dari Barito Utara (Barut) Pimpinan Bank cabang Buntok, dan Camat se Kabupaten Barito Selatan.

Pewarta Assjian
Sumber : Lisda, dan Ida.

(sumber : Palangkanews.co.id)

Updated by: Akhmad Rusady | Tanggal: 06 Desember 2022 jam 12:09:46

Berita Lainnya