Pj. Bupati Barsel Pimpin Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kab. Barsel Tahun 2022

Buntok – Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan (Kab. Barsel) menyelenggarakan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kab. Barsel Tahun 2022. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana di Aula Sekretariat Daerah Kab. Barsel, Rabu (30/11/2022).

Lisda Arriyana mengatakan bahwa tujuan dari rapat ini adalah untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan data statistik sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Selain itu Lisda juga ingin melihat sejauh mana proses penyelenggaraan statistik sektoral di Barsel.

"Dengan dilaksanakannya rapat hari ini apa saja yang menjadi kendala di tahun ini agar menjadi bahan evaluasi dan untuk tahun berikutnya kendala tersebut bisa kita minimalisir bersama sehingga pelaksanaan statistik sektoral Kab. Barsel dapat berjalan maksimal," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kab. Barsel Syahdiannur dalam paparannya mengatakan pada akhir tahun 2021 Diskominfo Barsel membangun aplikasi Sistem Data Statistik Sektoral (Simdatik). Aplikasi tersebut dilaunching pada awal tahun 2022 dan mulai saat itulah penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan di Barsel.

Adapun latar belakang diadakannya rapat evaluasi ini adalah dalam rangka penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan dan mudah diakses antar instansi pemerintah.

Diharapkan, melalui rapat evaluasi ini, penerapan sistem data statistik sektoral dapat membangun sinergitas antar instansi terkait ketersediaan data statistik sektoral.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kab. Barsel Edy Purwanto, para Asisten I dan III, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Buntok Militan, dan seluruh Kepala Perangkat Daerah setempat. (Diskominfobarsel//HW//Dym)

Published by: | Tanggal: 02 Desember 2022 jam 07:47:00