Perkuat sinergi dalam upaya mewujudkan pemilihan kepala desa serentak agar berjalan dengan aman

Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah Ibu Lisda Arriyana meminta pemangku kepentingan di wilayah setempat, memperkuat sinergi dalam upaya mewujudkan pemilihan kepala desa serentak agar berjalan dengan aman, lancar dan damai.

"Karena pada 17 November 2022 akan dilaksanakan pilkades di 17 desa yang tersebar di lima kecamatan," katanya di Buntok, Selasa.

Pilkades serentak 2022 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing wilayah pelaksanaan, kata beliau.

Hal itu disebabkan adanya upaya maksimal dari masing-masing calon kepala desa dalam berkompetisi secara ketat meraih suara sebanyak-banyaknya, untuk memenangkan pilkades di desa masing-masing.

"Dalam kacamata keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentu dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan," terang beliau.

Tak lupa Ibu Pj. Bupati Barsel mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Selatan yang berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan pilkades serentak dapat berjalan aman, lancar, dan damai.

Beliau juga menyampaikan, apel gelar dan pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak, bertujuan untuk memaksimalkan kesiapan personel sebelum diterjunkan melaksanakan pengamanan.

"Dengan adanya pergeseran pasukan pengamanan tersebut, diharapkan pelaksanaan pilkades serentak di daerah ini bisa terlaksana dengan aman, lancar dan damai serta berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelas Ibu Pj. Bupati Barsel.

Sementara itu Kapolres Barito Selatan, AKBP Bapak Yusfandi Usman menambahkan, untuk jumlah personel kepolisian yang diturunkan untuk pengamanan pilkades di 17 desa yang tersebar di lima kecamatan sebanyak 90 orang.

"Disamping anggota Kepolisian, kita juga dibantu personel dari Kodim 1012 Buntok untuk pengamanan pelaksanaan pilkades pada 17 November 2022 nanti," tambah beliau.

Bapak Kapolres Barsel berharap, pilkades serentak ini berjalan dengan aman, tentram dan diimbau kepada seluruh calon kepala desa harus legowo apabila kalah dalam pemilihan nantinya.

"Bagi calon yang menang jangan terlalu percaya diri, karena bagi calon yang menang tugasnya harus melayani masyarakat di desa masing-masing," demikian Kapolres Barito Selatan, AKBP Bapak Yusfandi Usman.

(sumber : kalteng.antaranews-barsel/bi-mah/e:is)

Updated by: Iqbal Saimima | Tanggal: 05 Desember 2022 jam 12:20:17

Berita Lainnya