Pada 2023 Barsel akan lebih fokus pada percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem

Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ibu Lisda Arriyana menyatakan bahwa program pembangunan di kabupaten setempat pada tahun 2023, akan lebih memfokuskan pada percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pernyataan itu disampaikan beliau saat menyampaikan pidato pengantar persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023, dalam rapat paripurna DPRD Barsel di Buntok, Jumat.

"Program pembangunan pada 2023 nantinya juga akan difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia," ucap beliau.

Sedangkan program pembangunan lainnya difokuskan pada bidang kesehatan, penanggulangan pengangguran disertai dengan peningkatan pekerjaan yang layak (Decent job).

"Adapun yang menjadi prioritas dan sasaran dari APBD 2023 mendatang meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan penanganan inflasi daerah," beliau menjalaskan.

Ibu Pj. Bupati juga mengucapkan, terima kasih yang setinggi-tingginya kepada DPRD Barito Selatan atas kerjasamanya dalam membahas substansi dari raperda APBD tahun anggaran 2023 ini.

Menurut beliau, hubungan kerjasama tersebut telah diwujudkan dalam bentuk persetujuan bersama dengan ditandatanganinya raperda ini oleh pimpinan DPRD dan penjabat Bupati Barito Selatan.

"Kami berharap kerjasama dalam pembentukan raperda tersebut terus dibina dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," beliau menambahkan.

Raperda yang sudah mendapat persetujuan bersama ini selanjutnya akan disampaikan paling lama tiga hari kepada Gubernur Kalimantan Tengah sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk dilakukan evaluasi.

Sementara Ketua DPRD Barito Selatan, Bapak HM Farid Yusran mengharapkan, implementasi raperda APBD tahun anggaran 2023 itu nantinya dapat meningkatkan pelayanan.

"Termasuk peningkatan pembangunan, perekonomian dan pemberdayaan masyarakat serta penanganan dampak inflasi," kata Bapak HM Farid Yusran.

Acara rapat paripurna 17 masa persidangan III yang berlangsung di gedung Graha Paripurna DPRD Barito Selatan tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

(sumber : kalteng.antaranews-barsel/bi/e:is)

Updated by: Iqbal Saimima | Tanggal: 05 Desember 2022 jam 12:19:56

Berita Lainnya