Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Baru Dilantik

Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Bapak H. Eddy Raya Samsuri, S.T. mengingatkan sekaligus meminta kepada Kepala Desa Pengganti Antar Waktu Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, terus meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan tugasnya.

PAW Kades yang harus dilantik juga harus segera menyesuaikan diri dan saling mendukung serta bekerjasama terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pemerintahan desa, kata Bapak Bupati Barsel , Selasa kemarin. 

"Perlu diperhatikan juga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara pribadi dan kelembagaan," pinta beliau.

Dengan demikian, akan terjalin pola kerjasama yang harmonis serta komunikasi yang baik antar lembaga desa terutama dalam hal melaksanakan hak dan kewenangannya.

Bapak Bupati juga menyampaikan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji ini merupakan pelaksanaan ketentuan pasal 42 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) Barito Selatan Nomor 7/2015 tentang tata cara pemilihan kepala desa sebagaimana telah diubah dengan perda Nomor 9/2018 tentang perubahan atas peraturan Perda Nomor 7/2015.

Disamping melaksanakan ketentuan tersebut, pengambilan sumpah/janji ini memiliki makna mendalam, karena kepala desa yang mengucapkan sumpah/janji ini pada hakikatnya tidak saja disaksikan manusia, dan pejabat berwenang, akan tetapi juga disaksikan Allah SWT tuhan yang maha esa.

Oleh karena itu, Kepala Desa harus menyadari akan perbuatannya dan dengan sungguh-sungguh menghayati serta melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai aparatur desa.

"Hal itu mengingat, beratnya tugas dan tanggungjawab yang diemban kedepannya yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa," tambah Bapak Bupati Barsel.

Pada kesempatan yang sama Bapak Bupati juga mengucapkan selamat kepada Kepala Desa Baru yang dilantik dan kepada mantan penjabat kepala desa diucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pengabdiannya selama bertugas.

"Segala hal yang telah anda lakukan untuk kemajuan Desa Baru, akan terus dikenang, dihormati dan di catat dalam sejarah desa ini," tambah beliau.

Dengan begitu, setiap orang akan meneladani tutur kata, sikap, perbuatan, dan semangat saudara dalam bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Baru.

Acara pelantikan Pengganti Antar Waktu Kepala Desa Baru yang berlangsung di balai Desa Baru tersebut dihadiri sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan masyarakat di desa setempat.

(sumber : kalteng.antaranews-barsel/bi-e:is)

Updated by: Iqbal Saimima | Tanggal: 26 Mei 2022 jam 15:55:07

Berita Lainnya